Dosen yang tergabung dalam Tim PKM Prodi Pendidikan Sejarah dan Prodi Pendidikan IPS FKIP Universitas Tanjungpura mengadakan kegiatan PKM kepada guru SMA Negeri 10 Pontianak pada hari ini Sabtu, 05 November 2022. Kegiatan tersebut diadakan di Gedung Bersama A Universitas Tanjungura Lantai 3. Adapun kegiatan PKM yang diadakan mengusung tema “Workshop Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi guru-guru SMA 10 Pontianak.
Kegiatan PKM ini diketuai oleh Ika Rahmatika Chalimi, M.Pd yang merupakan dosen Prodi Pendidikan Sejarah. Adapun dosen-dosen yang tergabung sebagai anggota terdiri dari 4 dosen Prodi Pendidikan Sejarah yaitu Andang Firmansyah, M.Pd, Haris Firmansyah, M.Pd, Astrini Eka Putri, M.Pd, dan Edwin Mirzachaerulsyah, M.Pd. Anggota dari Prodi Pendidikan IPS yaitu Dr. Aminuyati, M,Si, dan Hadi Wiyono, M.Pd
Kegiatan PKM ini diikuti oleh 30 guru-guru SMA Negeri 10 Pontianak. Pada kegiatan tersebut, hadir juga Kepala SMA Negeri 10 Pontianak, Sukran M.Pd. “kami sangat berterima kasih kepada para dosen yang telah mengadakan kegiatan ini, semoga dengan kegiatan PKM ini dapat meningkatkan ketrampilan guru-guru SMA Negeri 10 dalam menulis penelitian tindakan kelas” tuturnya.
Ketua PKM, Ika Rahmatika Chalimi, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari PKM yang diadakan 3 bulan lalu yang mengusung tema tentang Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas bagi guru-guru SMA Negeri 10 Pontianak. Dari kegiatan PKM sebelumnya, kegiatan ini merupakan tahap akhir bagaimana guru menyusun laporan penelitian tindakan kelas.
Adapun pemateri PKM, Edwin Mirzachaerulsyah,M.Pd memberikan materi terkait bagaimana sistematika penyusunan laporan penelitian tindakan kelas. Kegiatan PKM sebelumnya, Beliau menyampaikan Tahapan Penelitian Tindakan Kelas menurut Kurt Lewin terdiri dari perencanaan (Planning), pelaksanaan (Acting), pengamatan (Observing), dan tahap Refleksi (Refecting), serta komponen proposal penelitian tindakan kelas. Pada materi kali ini, Edwin menyampaikan bagaimana menganalisis hasil penelitian, pembahasan, dan membuat kesimpulan. Pada hasil penelitian, terdiri dari beberapa siklus PTK. Pada setiap siklus terdapat kegiatan tindakan, hasil observasi aktivitas peserta didik, hasil observasi pengelolaan pembelajaran, hasil tes, refleksi, dan rekomendasi. Kegiatan tersebut berulang pada setiap siklus. Pada bagian pembahasan, berisi uraian dari dari hasil penelitian tindakan kelas dengan mengkaitkan hasil dan teori yang digunakan pada bab II.
Pada bagian penutup terdiri dari simpulan dan saran. Simpulan berisi muatan jawaban atas pertanyaan penelitian yang telah disusun dibab 1. Saran diperlukan jika hasil penelitian menyangkut pendukung bagian lain sekolah atau menyangkut sistem yang lebih luas dari sekedal kelas, misalnya mengendaki peningkatan ketampilan mengajar guru. Pada bagian lampiran berisi biodata penulis dan data penunjang hasil penelitian, misalnya foto-foto penelitian tiap siklus, hasil lembar kerja siswa, data hasil observasi dan hasil belajar peserta didik.
Setelah kegiatan penyampaian materi, kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab. Pada kegiatan tersebut, beberapa guru menyampaikan pertanyaan terkait bagaimana menentukan keberhasilan penelitian tindakan kelas. Pertanyaan-pertanyaan dari guru-guru kemudian dijelaskan dari pemateri dan dosen lainnya.
Kegiatan berikutnya, guru-guru melakukan praktik menulis outline laporan penelitian tindakan kelas. Tim PKM memberikan template outline laporan penelitian tindakan kelas dan mengumpulkan hasil praktek tersebut untuk dilakukan koreksi, masukan, perbaikan dan penilaian oleh para dosen. Para dosen kemudian memberikan arahan dan masukan terhadap outline laporan penelitian tindakan kelas para peserta.
Sebagai penutup, Ketua PKM Ika Rahmatika Chalimi, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan kerjasama kepada para guru yang telah hadir. Ika juga menyampaikan bahwa semoga kegiatan PKM ini memberikan manfaat bagi para guru, terutama bagi guru PNS yang sedang mengurus kenaikan pangkat.